Google Bersaing dengan Apple dengan Pixel 8 yang Lebih Mirip iPhone
Pixel 8 dan 8 Pro tahun ini lebih dekat dalam hal harga dengan pendahulunya dari Apple, memiliki layar berpinggir datar yang serupa, dan dapat melakukan pembayaran dengan identifikasi wajah. Google berupaya untuk bersaing langsung dengan Apple Inc. dengan ponsel Pixel baru yang lebih mirip iPhone daripada sebelumnya.
Pixel 8 dan 8 Pro tahun ini lebih dekat dalam hal harga dengan pendahulunya dari Apple, memiliki layar berpinggir datar yang serupa, dan dapat melakukan pembayaran dengan identifikasi wajah. Alphabet Inc.’s Google memperkenalkan lini produk barunya pada hari Rabu — termasuk smartphone, jam tangan, dan earbud baru — dan menaikkan harga awal ponselnya sebesar $100 setiap unit.
Pixel 8 Pro seharga dengan iPhone 15 Pro di $999, sementara Pixel 8 memiliki harga yang sama dengan iPhone 14 seharga $699. Harga baru mencerminkan tampilan dan kamera yang ditingkatkan pada perangkat terbaru, yang masih "membuat dampak yang lebih besar dari kelas kami," menurut manajer produk Google, Patrick Hennessey, yang menunjukkan bahwa konsumen mendapatkan lebih banyak untuk uang mereka.
Peluncuran Pixel adalah upaya terbaru Google untuk membuat dampak di pasar. Meskipun sistem operasi Android-nya mengoperasikan mayoritas smartphone di dunia, perangkat keras milik perusahaan sendiri hanya menghasilkan sebagian kecil dari penjualan. Di AS, Google memiliki 3% dari pengiriman smartphone selama kuartal kedua, menurut Counterpoint Research. Ini dibandingkan dengan 55% untuk Apple.
Google telah menjual ponsel dengan merek sendiri selama lebih dari satu dekade, tetapi pengenalan Pixel pertama pada 2016 memperdalam upaya tersebut. Meskipun ponsel-ponsel tersebut kesulitan untuk mendapatkan traksi komersial, fitur kamera dan AI Google telah menonjol. Tahun lalu, perusahaan memperluas lini produknya dengan Pixel Watch, membangun ekosistem perangkat kerasnya.
Apple, pelopor dalam meningkatkan harga smartphone, baru-baru ini menaikkan harga lagi, membawa iPhone 15 Pro Max terbarunya menjadi $1,199 dengan menghentikan kapasitas penyimpanan yang lebih murah. Google sedikit meningkatkan pangsa pasarnya dengan model yang lebih murah, yang biasanya diluncurkan di pertengahan setiap tahun. Di Jepang, pangsa pasar perusahaan enam kali lebih besar musim panas ini dibandingkan musim panas lalu, saat mencuri pengguna yang sadar biaya dari iPhone.
Ponsel Pixel baru memiliki kamera yang diperbarui, mengadopsi layar dengan pinggiran datar — seperti yang dimiliki Apple sejak iPhone 12 pada 2020 — dan datang dengan janji tujuh tahun pembaruan untuk sistem operasi dan keamanan. Secara internal, mereka menggunakan generasi ketiga dari prosesor Tensor buatan Google, yang mencakup perangkat keras khusus untuk pemrosesan gambar yang disempurnakan oleh perusahaan.
Model Pro memiliki layar berukuran 6,7 inci, sesuai dengan pilihan tampilan terbesar Apple, sementara versi yang lebih murah memiliki layar 6,2 inci. Layar tersebut sedikit lebih kecil dari layar 6,3 inci pada penawaran yang sebanding tahun lalu. Kedua ponsel baru memiliki peningkatan kecerahan, dan model dasar juga meningkatkan kecepatan penyegaran. Hal ini memungkinkan untuk pengguliran yang lebih halus dan grafik permainan yang lebih baik.